Pengukuran Tinggi Badan Anak

Pengukuran tinggi badan anak bertujuan untuk menilai pertumbuhan anak melalui perbandingan tinggi badan berdasarkan usia.

Alat dan bahan :

  1. Meteran
  2. Grafik tinggi badan berdasarkan usia standar NCHS
  3. Spidol warna

Prosedur :

  1. Tentukan usia anak
  2. Ukur tinggi badan anak dengan meteran (microtoise)
  3. Masukkan hasil pengukuran tinggi badan berdasarkan usia ke dalam grafik di bawah dan berikan tanda.
  4. Lakukan peniloaian tentang status pertumbuhan dengan menggunakan persentil, kemudian masukan hasil ke dalam tabel praktikum dibawah dengan makna sebagai berikut.
  5. Jika anak masuk persentil ke-5, diperoleh dari hasil pengukuran 100 anak maka posisi anak pada posisi ke-5 dar bawah. Apabila anak dibawah persentil ke-5, anak mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan.
  6. Jika anak masuk persentil ke-50, didapat dari hasil pengukuran 100 anak maka posisi anak pada posisi ke-50 berarti jumlah anak diatas dan dibawahnya adalah sama.

Tinggi badan anak-anak yang dinyatakan dalam persentase terhadap standar menunjukkan apakah anak mengalami kekerdilan (stunded). Kerdil adalah akibat dari keadaan kurang gizi yang berlangsung lama. Namun demikian dari data tinggi badan saha belum da[pat memberikan kejelasan apakah anak masih dalam keadaan gizi kurang atau tidak. Mungkin sekali anak yang bersangkutan sekarang tumbuh dengan baik, tetapi belum dapat mengejar ukuran standar. Banyak gizi kurang khronis pada anak-anak tidak pernah mampu mencapai ukuran standar tinggi badan menurut umurnya.

Anak-anak membutuhkan teknik khusus untuk pengkajian fisik status nutrisi. Pada anak dibawah 2 tahun, ukuran panjang dengan anak pada posisi telentang. Timbang bayi dalam keadaan telanjang, karena popok sangat bervariasi beratnya. Gunakan grafik pertumbuhan untuk membandingkan pengukuran tinggi dan berat badan.

Anak yang tumbuh dengan sehat biasanya mempertahankan posisi yang relatif sama pada grafik pertumbuhan. Ukur lingkar kepala dan dada pada bayi dan anak-anak, seperti pada tinggi badan dan berat badan, bandingkan juga pengukuran ini dengan grafik pertumbuhan dasar. Pengukuran tinggi badan anak harus  rutin dilakukan untuk melihat sampai mana pertumbuhan anak.


=====================================

>>> Cara Menambah Tinggi Badan Minimal 2-4cm dalam 1 Bulan, KLIK DISINI!
=====================================
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *